Sabtu, 18 Februari 2017

CONTENTMU, CIRI DIRMU..

Sabtu, 11 Februari 2017

NULIS AJA DULU..

Ini Kopdar kedua setelah saya bergabung di Komunitas Buku & Blogger (Kubbu) dari Komunitas Backpacker Jakarta. Jika sesi pertama saya akhirnya memiliki Blog, sesi ini saya belajar "Content" , menulis adalah hobi dari kepribadian yang suka bercerita, apapun yang masuk ke area penglihatan akan diolah otak dengan sejuta kata, pemahaman melahirkan opini, pendengaran akan menjadi penyampaian dan apa yang dirasakan dibagi dalam kalimat yang akhirnya memiliki nyawa..

Jika diingat awal dari hobi menulis adalah Diary, entah berapa banyak buku, kemudian menjadi agenda yang berwarna kadang terselip keharuman hanya untuk menjadi saksi melewati hari -hari. dari hanya kata sederhana lalu bertambah banyak kata dengan membaca buku dan buku.. Tiap karakter membedakan kepribadian dan gaya penulisan. dari Narasumber Ibu ANI BERTA, saya mengenal apa sih pentingnya "Content"?
 


THE POWER OF CONTENT & SOCIAL MEDIA

Konten ( Content ) adalah Informasi yang tersedia melalui media. yang disampaikan dari tulisan tersebut. 
Apa saja yang menjadi sumber untuk terciptanya konten?
-Opini-
Menulis tidak memiliki keterbatasan ide.. gaya penulisan dan cara kita menyampaukan dalam tulisan akan membawa pembaca tersendiri tentang apa lagi sih yang kita sampaikan..
-Review-
Ide itu seperti udara, dimanapun berada akan ada yang bisa kita sampaikan, seperti berbicara satu sama lain ada saja tema yang didiskusikan, mengulas satu hal yang memungkinkan juga ada satu dua kritik yang membangun, Misal : Buku setelah dibaca kita bisa mengulas isi nya seperti apa dan apa yang menjadi bagian menarik dari buku yang dibaca.
-The Place of Interest-
Gajah mati meninggalkan gading, jejakkan kan kaki dimanapun lalu tinggalkan jejak itu dengan tulisan. gambar adalah bukti keberadaan di suatu tempat, namun, tulisan seseorang akan menjadi tertarikan pembaca untuk berkunjung ke tempat dimana kita menulis. karena marketting terbaik adalah pengalaman dari seseorang yang bercerita entah itu lisan maupun tulisan.

Ketika mengikuti kelas ini jujur saya lebih gagal fokus dengan caranya bercerita dibanding "isi" kelas. karena saya menemukan alasan bagaimana ia kini menjadi insprisasi Blogger, jika caranya bercerita saja menarik maka begitu juga dengan caranya menulis namun, menyihir pendengar dan pembaca, beruntung pena dan otak saya masih menyisakan konsentrasi .. heheee

Ia berkisah bahwa dirinya memulai memulai menulis dari 2010, diawali dari kantor yang mengalami penurunan lalu ia memberanikan diri resign 2013, dari cadangan keuangannya dan keyakinan bahwa Allah tidak tidur, dan melihat ikhtiar, beliau dan ketiga temannya membuat website dariperempuan.com yang kemudian dari ketekunannya akhirnya banyak job datang yang butuh tulisannya, karena menjadikan tulisan itu menarik yakni "Personal Brand" atau ciri dari penulisan. 
bagian dari ceritanya yang saya suka adalah tidak bergantung siapapun saat dibawah. motivasi banget nih kelas hehehe..

Sarannya adalah selalu sedia notes ditas karena gak akan pernah tahu apa saja ide yang mungkin bisa ditulis dari kepala. Job sendiri datang dari pengalama pernah bekerja sama, maka dia mengajarkan untuk menerima berapa pun bayaran dari pemberi Job, misal, beliau melanjutkan ada beberapa blogger yang menggerutu "dibayarnya cuma seratus ribu" padahal  jika dipandang dari sudut lain bayaran blogger baru segitu besar karena umumnya 25.000 atau 50.000. nah pengalaman bekerja sama itulah yang akan mengantarkan kita pada kerjasama-kerjasama berikutnya yang besar. dari sanalah, beliau memiliki penghasilan dan mendoakan kami, setelah dari sini memiliki Job dari dunia tulisan ini.. dengan rajin check email dan gak menyerah untuk tetap menulis.. aamiin bu.. terharu..

Yang menjaga tetap terjaga.. Cokelat ❤❤

di Tengah kelas teman saya yang menjadi admin medsos kala itu -Lala- mengingatkan "Lance, update IG,  jangan lupa kasih hastag kopdarkubbu, kalo menang nanti kan ada hadiah" hahaa dan inilah foto yang mengantarkan saya menjadi Juara kedua, cokelat inipun bukan dibeli sengaja tapi hadiah dari teman-teman dari geng saya yang datang semalamnya, Supprised brithday.. Bahagianya? sebahagia efek makan Cokelat... >.<

Yuk Lanjut

BE AN ACTUAL ON YOUR SIDE

   Hard News, Berita yang harus cepat diangkat agar yang membacapun terkini.yakni Reposting the Event, penulisan diupdate maksimal dua hari agar segar dalam ingatan, 5W 1H (Who, When, Where, Why dan How).
Feature Stories, konten lebih dalam lagi Misal ; Cerita lebih detail, bisa dengan Interview secara personal, observasi dan pengalaman lalu terakhir sisi artistik dari konten. membaca dari sumber lain dan mengambil diperkenankan namun ada aturannya yakni tidak terlalu sama atau sesuai dengan penulisan sendiri, karena akan ada peringatan konten dari google sendiri.

Jadilah Maestro dalam penulisan Artikel
  • Wawancara
  • Data
  • Verifikasi
  • Reporting : Bawalah notes kemanapun
  • Dokumentasi : Photo, Video, Infographie
  • Opini yang logis akan menjadi pengetahuan baru
  • Undanglah orang sekitarnya untuk melalukan sesuatu 


SOCIAL MEDIA CONTENT 

Sosial media kini bisa dalam hal Teks, Video, dan Gambar. Nah, pemaksimalan Media Sosial ini bisa dilakukan dengan cara :

Pemaksimalan : Followers ; ada beberapa cara yakni beli atau berdasarkan pengalaman saya pribadi pengikut akan bertambah seiring waktu karena daya tarik dari cara menulis, tema dan postingan foto, Interaksi adalah komunikasi dari dan dengan pengikut, Schedulling ; atur kegiatan, Creative : yang membuat menarik suatu postingan adalah tidak membosankannya gaya penulisan meski cara menyampaikannya sama, Analytic agar menjadi perubahan membangun.
Good Image : Bangun Image yang baik agar terpercaya dengan Think before posting, menulis sama dengan berbicara, bahasa yang baik akan membawa nyaman dari pembaca, No Hoax, bukan artikel kosong, Check and recheck, baca ulang sebelum siap untuk dibagi, Share the benefit content, bagilah keuntungan dari konten yakni berbagilah ilmu.
Content Plan : Rencanakan kontennya dengan Prepare, persiapkan teks, gambar atau video, Quantity, kuantitas dari postingan, Create the Hastag, Hastag atau tanda pagar dalam dunia posting sangat membantu dalam pengiriman tulisan dan menarik followers, Schedulling, Jadwalkan agar memiliki kesinambungan dalam menulis.


Nah, diakhir penutup Tim Buku & Blogger membagikan hadiah yakni Buku dan gelas pada pemenang. seperti ilmu diatas, kekuatan foto, konten dan Hastag, bikin semangat aja.. modal hobby nulis dan postinh eh dapat hadiah hehee..

Dan, inilah kami, berkumpul, bersama banner Klub Buku & Blogger ( KUBBU ), menuju Backpacker Jakarta Ju4ra!!!







Sekian hari ini, senyum sumringah di kami dan motivasi menguasai hati ini untuk terus lanjut menumpahkan apa apa yang ada di kepala.. SEMANGAT MENULIS....

1 komentar:

  1. Terima kasih sudah hadir di acara ini Mba.
    Semoga bermanfaat ya :)

    BalasHapus